14 Juli 2010

A Lesson from a Gazelle and a Lion

Saya ingat pada saat acara Pelatihan dan Pengembangan Diri (PPD) yang diadakan oleh BEM FISIP UI 2010 beberapa bulan yang lalu, saya mendapatkan begitu banyak pelajaran beharga pada acara tersebut, khususnya saat sesi seminar motivasi dan kepemimpinan. Pada sesi tersebut, ada satu hal yang menurut saya sangat menarik, dan karena biasanya saya selalu ingat dengan hal-hal yang menarik, haha. Ya, jadi di awal presentasi, pembicara (saya lupa siapa namanya) memberikan sebuah kutipan yang menarik, tapi memiliki makna yang sangat dalam. Kutipan tersebut berjudul: A Lesson from a Gazelle and a Lion

Every morning in Africa a gazelle wakes up.
It knows that it must run faster than the fastest lion,
or it will be killed.

Every morning in Africa a lion wakes up.
It knows that it must outrun the slowest gazelle,
or it will starve to death.

It doesn't matter whether you are a lion or a gazelle.
When the sun comes up,
you'd better be running.


Sebenarnya berbagai peluang (opportunities) selalu datang pada kita semua setiap hari. Masalahnya adalah sering kali kita tidak menyadarinya. Di dunia ini ada dua tipe manusia, yaitu “runner” dan “walker”. Jika kita seorang “runner” (a go-getter), kita akan memiliki kesempatan untuk lebih unggul dan maju daripada orang lain, sama halnya seperti gazelle dan singa yang setiap pagi berebut kesempatan untuk menjadi yang tercepat. Namun, jika kita adalah orang-orang “walker” atau “sitter” (pasif), kita mungkin menjadi tidak peka dan tidak tanggap terhadap berbagai kesempatan yang muncul dan kesempatan-kesempatan tersebut akan hilang dengan segera.

Saat ini kita semua butuh untuk diingatkan, dan pastikan tetap berdiri di atas kaki kita, menjaga mata tetap terbuka, dan melompatlah ketika datang kesempatan yang menguntungkan. Jadilah orang-orang yang pandai melihat kesempatan. Negara ini butuh orang-orang yang mampu melihat berbagai kesempatan dan memanfaatkan dengan baik. Terlalu banyak kesempatan baik yang terbuang sia-sia di negeri ini. Jadilah “runner” seperti gazelle dan singa yang selalu siaga begitu matahari terbit. Jadilah orang-orang yang unggul karena NEGARAMU MEMBUTUHKAN KAMU!

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.