28 Desember 2010

Biro Dana Usaha BEM FISIP UI Tempatku Bernaung

"Di biro ini, Danus BEM FISIP UI, tidak akan ada yang meninggalkan dan ditinggalkan. Karena kita adalah satu keluarga, satu Danus BEM FISIP UI. Kita mulai ini bersama dan akan kita akhiri bersama; dengan kesuksesan yang manis tentunya." —Fauzan Al-Rasyid

Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2010 adalah suatu biro yang menjalankan fungsi supporting system, khususnya dalam hal keuangan di BEM FISIP UI. Pada kepengurusan BEM FISIP UI 2010 kali ini, Biro Dana Usaha dikepalai oleh Fauzan Al-Rasyid (Ilmu Komunikasi) dan Frisca Amelia (Ilmu Komunikasi) sebagai wakil kepala biro. Biro Dana Usaha merupakan satu-satunya biro yang ada di BEM FISIP UI 2010. Biro Dana Usaha bertugas menjalankan fungsi internal, berupa fungsi keuangan (khususnya memberikan profit untuk BEM FISIP UI), dan fungsi eksternal yang berupa menjalin relasi dengan berbagai pihak perusahaan yang potensial untuk dijadikan mitra kerja sama (berhubungan dengan sponsorship dan partnership) dengan BEM FISIP UI.

Selama sebelas bulan masa kerja yang telah dijalani, Biro Dana Usaha telah berhasil menjalankan program kerja yang telah direncanakan dengan sebaik mungkin. Dengan visi “PROFIT” (Proaktif dan Benefit) yang hingga akhir kepengurusan masih tetap menjadi pedoman atau dasar dalam bekerja mengabdi kepada masyarakat, terutama warga FISIP UI. Begitu juga dengan misi Biro Dana Usaha untuk mengembalikan “fungsi” dana usaha sebagai sebuah biro telah berjalan baik. Hal ini ditandai dengan staf-staf Biro Dana Usaha yang menjadi koordinator dana usaha kepanitiaan program kerja dari bidang atau departemen lain serta terbitnya “Buku Panduan Keuangan dan Database Sponsorship, Media Partner BEM FISIP UI 2010” serta kegiatan Pelatiahan Sponsorship Terintegrasi sebagai salah satu bentuk kontribusi nyata Biro Dana Usaha terhadap BEM FISIP UI sekaligus dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai biro yang proaktif.

Di tahun ini, Biro Dana Usaha BEM FISIP UI hanya memiliki satu program kerja unggulan, yaitu GRAFITY (Get Ready for FISIP UI Try Out). GRAFITY merupakan acara tahunan Biro Dana Usaha yang pada tahun ini adalah GRAFITY keempat yang diadakan. Program-program kerja Biro Dana Usaha BEM FISIP UI lainnya antara lain adalah program merchandise BEM FISIP UI dan merchandise FISIP UI. Program merchandise BEM FISIP UI hanya ditujukan untuk seluruh pengurus BEM FISIP UI. Merchandise ini berupa kartu nama dan kaos resmi BEM FISIP UI 2010. Sementara merchandise FISIP UI ditujukan untuk seluruh mahasiswa FISIP UI. Namun, target utama penjualan merchandise FISIP UI adalah para mahasiswa baru.

Selain GRAFITY dan program merchandise, Biro Dana Usaha juga memberikan berbagai pelatihan baik untuk pengurus BEM FISIP UI 2010 maupun para panitia GRAFITY. Hal ini merupakan kegiatan baru yang dilakukan di Biro Dana Usaha BEM FISIP UI. Selain itu, Biro Dana Usaha juga mengadakan acara pertemuan dengan Biro Dana Usaha BEM UI 2010. Hal ini dilakukan untuk berbagai ilmu dan pengalaman seputar dana usaha dan keuangan antarbiro. Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan karena selain berbagai pengalaman antarbiro, kegiatan ini juga memberikan pencerdasan bagi seluruh staf Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2010.

Dari seluruh kegiatan yang terencana pada saat rapat kerja BEM FISIP UI 2010, Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2010 memiliki cukup banyak program kerja inter-BEM FISIP UI. Program kerja inter-BEM FISIP UI adalah program-program kerja yang menekankan pada fungsi Biro Dana Usaha BEM FISIP UI sebagai supporting system. Namun, pada pelaksanaannya ada cukup banyak program kerja yang tidak terlaksana.

Kami, khususnya saya selaku Kepala Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2010, sadar bahwa mengerjakan berbagai hal yang berkaitan dengan supervisi kegiatan BEM FISIP UI bukanlah hal yang mudah. Dengan jumlah anggota Biro Dana Usaha sebanyak sebelas orang, kegiatan mensupervisi tentunya menjadi hal yang cukup sulit bagi kami. Namun, hal ini bukan berarti kami tidak pernah mencoba untuk mengerjakan kegiatan supervisi ini. Kami telah berusaha menerapkannya, dan memang hasilnya kami cukup kewalahan dan tidak sanggup untuk meneruskan hal-hal yang berkaitan dengan supervisi di internal BEM FISIP UI.

Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2010 telah menjadi lebih dari dari sekedar biro atau bagian dari sebuah lembaga eksekutif kemahasiswaan. Biro ini telah menjadi suatu keluarga, di mana di dalamnya terdapat anggota-anggota keluarga dengan berbagai latar belakang jurusan dan pribadi yang berbeda. Ada tawa, canda, gurauan, dan tangis di biro ini. Namun, ada satu mimpi yang kami semua yakini di biro ini, bahwa tidak ada satu hal yang mustahil untuk dilakukan, dan kami telah membuktikannya. Satu tahun kepengurusan telah usai. Rasanya baru kemarin kami bertemu. Rasanya baru kemarin kami bercanda satu sama lain. Rasanya baru kemarin masalah-masalah rumit menerjang kami. Ya, rasanya baru kemarin. Kini, semua telah usai, tapi bukan berarti berakhir total. Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2010 akan tetap sebagi Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2010. Rasa kekeluargaan dan persahabatan ini tidak akan usai sampai sini. Berbagai program kerja yang semoga bermanfaat bagi BEM FISIP UI, FISIP UI, dan juga masyarakat lainnya telah kami kerjakan. Kami tidak berbicara soal hasil, tapi ini soal proses.

Namun, saya percaya dan juga optimis bahwa tahun ini Biro Dana Usaha BEM FISIP UI telah memberikan banyak inovasi baru, baik di dalam biro, inter-BEM FISIP UI, maupun di luar BEM FISIP UI. Saya percaya pada perubahan. Saya percaya bahwa setiap tahunnya harus ada peningkatan kualitas dalam suatu organisasi, dalam hal ini adalah Biro Dana Usaha BEM FISIP UI, dan tahun ini kami telah melakukan yang terbaik yang bisa kami lakukan untuk BEM FISIP UI dan FISIP UI. Terima kasih atas segala perhatian, dukungan, serta kerja sama yang sangat baik dengan Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2010.

Terakhir, terima kasih untuk SUPER TEAM Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2010. Wulan, Amar, Rama, Vale, Nadya, Ryska, Mega, Ossie, dan Swaswa. Sangat bangga bisa bekerja dengan kalian, teman-teman.

   Add Friend

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.