20 April 2011

Infotainment dan Celebrity Journalism

Infotainment adalah istilah kata yang berasal dari “information” dan “entertainment”. Infotainment merupakan sebuah program televisi dengan campuran fitur berita dan hiburan, seperti wawancara, komentar, dan tinjauan. Hal ini mengacu pada acara televisi, film, website, dan software yang memadukan informasi dan hiburan bersama-sama. Sebagai contoh, Food Network dan Animal Planet memberikan informasi kepada penonton, tetapi juga sekaligus menyenangkan untuk menontonnya. Siaran berita tertentu juga dapat dianggap infotainment karena mereka berusaha untuk menjadi seperti menghibur daripada sekedar memberikan informasi.

Situs seperti Yahoo.com dan CNET.com juga memiliki konten yang bersifat informasi dan menghibur. Judul software seperti Grolier Encyclopedia dan Britannica Encyclopedia pada dasarnya bersifat untuk untuk menginformasikan, tetapi juga diarahkan untuk menghibur, sehingga mereka dapat dianggap infotainment. Sementara itu ada garis kabur antara informasi dasar dan infotainment, jika media informasi membuat upaya yang disengaja untuk menghibur, kita dapat menyebutnya sebagai infotainment. Infotainment sering kali juga disebut docutainment.

Sementara itu, celebrity journalism atau jurnalisme selebritas muncul karena di era ini selebritas semakin menjadi perhatian bagi jurnalisme. Jurnalisme selebritas adalah konsep jurnalisme yang berkaitan dengan membahas atau memberitakan kehidupan pribadi orang kaya dan terkenal (selebritas). Jurnalisme selebritas adalah bentuk tertua dari sensationalism. Perluasan konsep selebritas dan fokus pada tokoh-tokoh publik, seperti artis pop, film, televisi, dan olahraga dalam beberapa tahun terakhir telah meningkat cukup tinggi.

Menurut media analis S. Robert Lichter, Direktur Pusat Media dan Urusan Publik, seseorang dikatakan sebagai seorang jurnalis selebritas ketika dia menjadi terkenal karena orang mengenal siapa dia, bukannya apa yang dia laporan. Seorang jurnalis selebritis adalah seseorang yang menulis baik di koran maupun majalah—terutama majalah gosip. Berita-berita dalam jurnalisme selebritas ditulis dengan gaya bahasa yang ringan dan informal serta sering kali berkaitan pendapat penulis mengenai kehidupan pribadi selebritas tertentu, khususnya selebritas-selebritas dari industry hiburan, seperti  bintang film, bintang teater, dan aktor televisi, serta para politisi, bintang olahraga, dan orang-orang kaya atau tokoh masyarakat. Beberapa jurnalis selebritas juga menyiarkan segmen selebritas di siaran radio dan televisi.

Referensi:
http://www.ajr.org/Article.asp?id=247
http://www.customessaymeister.com/customessays/Journalism/10027.htm
http://www.mediadictionary.com/definition/celebrity-journalism.html
http://www.staffs.ac.uk/courses_and_study/courses/celebrity-journalism-tcm4227143.jsp
http://www.techterms.com/definition/infotainment
http://www.thefreedictionary.com/infotainment

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.