09 April 2011

Jurnalisme 2.0

Kegiatan jurnalisme di era modern atau era tekonologi (digital) saat ini berkembang suatu bentuk jurnalisme baru yang ditunjang dengan media internet. Bentuk jurnalisme ini dikenal dengan jurnalisme 2.0. Jurnalisme 2.0 ini hadir salah satunya karena peranan jurnalis di masyarakat bahwa para jurnalis harus siap melakukan aktivitas jurnalisme melalui berbagai saluran. Tidak selalu di edisi cetak, tapi juga lewat berbagai media online.

Dalam jurnalisme 2.0, masyarakat ikut terlibat dalam pencarian dan bahkan penyajian berita yang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para pencari berita lepas, seperti masyarakat biasa (bukan wartawan yang terjun ke dunia jurnalisme yang bertugas mencari dan memberikan informasi kepada instansi penyiaran berita atau memasukkannya ke dalam situs internet agar dapat diakses oleh para pengunjung situs tersebut). Pihak yang melakukan kegiatan ini dikenal dengan sebutan backpack journalism atau citizen journalism. Jurnalisme publik atau citizen journalism ini mengandung pengertian sebagai bentuk reportase dari masyarakat yang memainkan peran aktif dalam proses pengumpulan, pelaporan, serta analisis berita dan informasi.

Teknologi jurnalisme 2.0 ini juga dikatakan sebagai suatu jurnalisme yang real time karena ketika suatu peristiwa terjadi maka dengan dukungan teknologi ini, peristiwa tersebut dapat langsung diliput dan ditayangkan dari tempat kejadian pada waktu yang sesungguhnya saat peristiwa tersebut berlangsung sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi tentang kejadian tersebut saat itu juga.

Referensi:
http://blog.tempointeraktif.com/blog/jurnalis-dan-pers-20/
http://ifajarwidi.blogdetik.com/2010/04/27/youtube-direct-20-era-kebangkitan-jurnalisme-publik/
http://scraptbook.wordpress.com/2009/06/15/ketika-twitter-mengalahkan-cnn/
http://www.waena.org/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=4454

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.