04 Agustus 2011

PPA IKM FISIP UI 2011

PPA IKM FISIP UI 2011
Penerimaan dan Pembinaan 
Anggota Ikatan Keluarga Mahasiswa FISIP UI 2011

Penerimaan dan Pembinaan Anggota Ikatan Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia 2011, atau disingkat PPA IKM FISIP UI 2011 adalah sarana bagi mahasiswa FISIP untuk mengenal seputar kehidupan kemahasiswaan di FISIP. Kegiatan ini berbeda dengan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) yang dilaksanakan oleh pihak fakultas, tapi tetap menjadi bagian dari sistem pengenalan bagi mahasiswa baru yang merupakan tugas dari BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) dan berada di bawah FORBAMA (Forum Lembaga Mahasiswa) sebagai forum yang memiliki otoritas tertinggi di IKM FISIP UI.


PPA IKM FISIP UI 2011 memiliki muatan berupa:
  1. Pengenalan fakultas;
  2. Akademis profesi;
  3. Kerohanian;
  4. Nilai kemahasiswaan;
  5. Pengenalan dan penanaman asas, sifat, tujuan dan usaha IKM FISIP UI

Agenda Kegiatan PPA IKM FISIP UI 2011, antara lain: 
  1. Mentoring Kelembagaan
  2. Mentoring Keagamaan
  3. Dinamika Angkatan
  4. Talkshow
  5. Games dan Outbound

Sementara itu, tujuan dari diadakannya kegiatan ini sangat sederhana, yaitu menjadikan mahasiswa FISIP UI sebagai anggota aktif IKM FISIP UI. Pertanyaan yang muncul mungkin seputar: mengapa harus "menjadi anggota aktif IKM FISIP UI"? Menjadi mahasiswa dengan status anggota aktif IKM FISIP UI atau biasa disebut "IKM aktif" memiliki privilage berupa dapat dipilih sebagai pengurus BEM dan BPM FISIP UI, serta berhak mencalonkan diri sebagai ketua/wakil ketua BEM atau BPM FISIP UI. Hanya itu? Ya, pada dasarnya hanya itu. Di FISIP UI memang mengenal dua jenis status IKM, yaitu status "IKM aktif" dan "IKM biasa". Untuk mendapatkan status IKM aktif tersebut, setiap mahasiswa baru wajib mengikuti seluruh rangkaian Kegiatan Awal Mahasiswa Baru atau KAMABA yang telah disusun oleh fakultas. Dengan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini, mahasiswa baru tersebut pun akan menjadi IKM aktif FISIP UI, yang berarti dia dapat mendaftarkan dirinya sebagai pengurus BEM atau BPM FISIP UI pada saat masa perekrutan nanti. Bagi mereka yang tidak mengikuti KAMABA maka tidak akan mendapatkan status IKM aktif, mereka hanyalah IKM biasa FISIP UI, yang artinya mahasiswa tersebut tidak akan boleh bergabung dalam kepengurusan BEM atau BPM FISIP UI di periode kepengurusan mana pun.

Selanjutnya, setelah masa PPA IKM FISIP UI atau yang dapat dikatakan pula masa orientasi tingkat fakultas, para mahasiwa baru akan "dikembalikan" ke jurusannya masing-masing. Dalam hal ini, para mahasiswa baru tersebut akan dipegang oleh Himpunan Mahasiswa (HM) jurusannya masing-masing untuk mengikuti rangkaian kegiatan masa orientasi jurusan. Masa orientasi jurusan ini tidaklah sama lama waktunya antara satu jurusan dengan jurusan yang lain. Setiap HM memiliki program dan cara yang berbeda dalam membuat program masa orientasi jurusan bagai para mahasiswa baru jurusan tersebut. Hampir sama dengan PPA IKM FISIP UI, setiap masa orientasi jurusan juga bertujuan untuk menjadikan para mahasiswa baru jurusan tersebut menjadi mahasiswa dengan status anggota aktif HM yang bersangkutan. Mereka yang menjadi anggota aktif suatu HM maka berhak untuk menjadi pegurus HM tersebut serta berhak untuk mencalonkan diri dan dipilih sebagai ketua/wakil ketua HM tersebut. Sementara itu, mereka yang tidak mengikuti atau tidak menyelesaikan seluruh rangkaian masa orientasi jurusan akan mendapatkan status anggota biasa suatu HM dan tidak dapat masuk ke dalam kepengurusan HM jurusannya.

Lantas, apakah itu berarti para mahasiswa baru FISIP UI harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut dari awal hingga akhir? Sebenarnya tidak ada paksaan untuk benar-benar harus mengikuti keseluruhan rangkaian. Namun, dilihat dari manfaatnya, tentu sangatlah rugi jika seorang mahasiswa FISIP UI tidak menjadi anggota aktif IKM FISIP UI (sekalipun dia tidak berniat terjun ke organisasi kemahasiswaan, seperti BEM atau BPM FISIP UI) atau anggota aktif HM jurusan (juga sekalipun dia tidak berniat terjun ke organisasi kemahasiswaan tingkat jurusan). Tentunya, kehidupan kampus sangat jauh berbeda dari kehidupan sekolah (SMA). Di kampus inilah kita para mahasiswa tidak seharusnya belajar dari segi akademis saja, tetapi juga dari berbagai hal. Hal-hal lain selain akademis bisa kita dapatkan dengan mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan atau ikut mengurus suatu kepanitiaan acara tertentu. Namun, hal-hal ini dapat diikuti bila mahasiswa tersebut terdaftar sebagai anggota aktif IKM FISIP UI (jika organisasi atau kegiatan tersebut adalah program BEM atau BPM FISIP UI) atau anggota aktif HM jurusan (jika organisasi atau kegiatan tersebut adalah program satu HM jurusan tertentu). Oleh karena itu, saya pribadi menghimbau kepada para mahasiswa baru FISIP UI, khususnya mahasiswa baru FISIP UI 2011, untuk mengikuti segala kegiatan ini karena status "IKM aktif" (khususnya) sangatlah bermanfaat. Karena tentunya kita tidak ingin mengahbiskan masa-masa kuliah kita dengan "buku-buku" saja kan? Tentu perlu ada penyeimbangan dari sisi nonakademis, dan dengan bergabung di organisasi-organisasi kemahasiswaan benar-benar dapat mengasah soft skill kita di luar hal-hal yang berbau akademis. Untuk bergabung ke dalam organisasi itulah diperlukan status IKM aktif.

Memang, tidak semua orang memiliki orientasi atau tujuan yang serupa soal status IKM aktif ini. Untuk sekedar share, saya sendiri adalah seorang mahasiswa dengan status IKM aktif FISIP UI. Namun, saya bukanlah seorang anggota aktif di HM saya, yaitu HMIK (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi). Tentunya ini dikarenakan saya tidak mengikuti (atau lebih tepatnya tidak menyelesaikan) seluruh kegiatan masa orientasi jurusan Ilmu Komunikasi atau yang lebih dikenal dengan kegiatan Sarasehan. Ada beberapa alasan tertentu, tapi tentunya tidak akan saya share di sini karena akan out of context. Namun, poinnya adalah, saya tetap anggota aktif IKM FISIP UI dan ini membuat saya dapat berkecimpung di dunia BEM FISIP UI hingga di tahun ketiga saya ini saya masih dipercaya untuk tetap berada di BEM FISIP UI. Suatu pengalaman yang sangat luar biasa bisa bergabung di BEM FISIP UI. Begitu banyak pengalaman beharga yang saya dapat, dan ini tentunya tidak bisa saya dapat jika saya bukanlah seorang mahasiswa FISIP UI berstatus IKM aktif. Lantas, bagaimana dengan di tingkat jurusan? Ya, jelas saya hanyalah seorang anggota biasa HMIK. Saya tetap memiliki hal suara untuk memilih calon ketua dan wakil ketua HMIK, tapi saya tidak dapat bergabung atau bahkan mencalonkan diri sebagai ketua/wakil ketua HMIK. Bagi saya itu bukanlah suatu masalah karena saya sudah tahu orientasi atau tujuan saya ketika masuk FISIP UI, yaitu menjadi pengurus BEM. Jadi, lagi-lagi ini soal pilihan, tapi memang alangkah baiknya bila terdaftar sebagai anggota aktif baik di tingkat fakultas maupun di tingkat jurusan.

Jadi, selamat datang di FISIP UI, dan selamat mengikuti segala rangkaian kegiatan mahasiswa baru. Tidak ada bullying di kampus ini, jadi percayalah bahwa segala yang dilakukan oleh panitia tidak ada yang membawa unsur kekerasan. Dan khususnya di kegiatan PPA IKM FISIP UI, kegiatan ini 100% legal dari dekanat, jadi para mahasiswa baru tidak perlu khawatir. Jika teman-teman punya pertanyaan seputar PPA IKM, jangan sungkan untuk bertanya. Pertanyaan bisa diajukan lewat Twitter atau Facebook PPA IKM 2011 atau via SMS ke Medika Obtetriana (0857 1001 6367).

Salam,

Fauzan Al-Rasyid

Head of Communication Office BEM FISIP UI 2011
Mobile +62 858 8551 2023 Twitter: @fauzanalrasyid
E-mail: fauzan.al@ui.ac.id, fauzan.alrasyid@gmail.com
Tumblr: http://fauzanalrasyid.tumblr.com

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.