01 Agustus 2011

Tentang Program S1 Paralel UI

Halo rekan-rekan mahasiswa baru UI 2011. Ini mungkin pertanyaan yang sering ditanyakan di forum-forum mahasiswa baru, khususnya di grup "Mahasiswa UI 2011 Chit-Chat" dan grup "SIMAK UI 2011" mengenai program S1 Paralel apakah dapat mengajukan BOP-B dan beasiswa?

Jadi, memang untuk mahasiswa S1 Paralel harus membayar penuh sesuai dengan biaya pendidikan yang tercantum dalam SK Rektor tentang Biaya Pendidikan dan tidak memiliki hak mengajukan fasilitas beasiswa dan Sistem Biaya Pendidikan Berkeadilan. Dan di UI tidak seperti kampus kebanyakan lainnya yang per SKS harus bayar, jadi baik reguler maupun paralel, tiap bayar per semester (BOP) itu sudah termasuk semua biaya, jadi tidak ada biaya per SKS. Untuk SK-nya bisa kamu klik di sini ya.

Bantuan yang bisa diberikan hanyalah cicilan dan apabila mau mengajukannya, kamu harus segera memilih opsi "cicilan" atau mengubungi Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (Mahalum) fakultas kamu atau bisa juga langsung ke PPMT bagian kemahasiswaan. Jika masih tidak bisa, boleh juga coba ditanyakan ke bagian keuangan di PPMT. Dalam hal ini, tolong kamu baca segala sesuatunya dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan.

Untuk beasiswa, S1 Paralel tidak bisa mengajukan. Karena program ini memang diharapkan untuk memberikan subsidi pada mahasiwa reguler. Oleh karena itu biayanya memang lebih besar dan tidak bisa mengajukan keringanan karena dianggap mereka yang memilih program ini memang sudah siap dengan konsekuensi (baca: biaya) yang akan dibebankan. Namun, jangan khawatir, untuk beasiswa yang kamu cari sendiri di luar, tetap bisa didapatkan, tapi untuk mengajukan beasiswa yang melalui fakultas itu tidak diperkenankan.

Dalam hal ini maksudnya bukan "beasiswa dari UI", tapi beasiswa-beasiswa (dari perusahaan atau lembaga manapun) yang diurus dari PPM (Pusat Pelayanan Mahasiswa) baik di tingkat fakultas maupun tingkat universitas. Mahasiswa dari program S1 Paralel tidak dapat mengajukan atau mendaftar segala lowongan beasiswa yang tersedia baik di fakultas terkait maupun di universitas. Yang bisa kamu lakukan adalah mencari beasiswa di luar UI. Ada banyak kok di luar sana, seperti misalnya dari PPI dan dari banyak institusi lainnya. Kuncinya, kamu yang harus giat cari informasi di luar kampus.

Nah, jika beasiswa itu membutuhkan persyaratan berupa surat dari fakultas, berarti (kemungkinan besar) tetap tidak bisa. Dan karena mencari dari luar pun itu berarti kamu tidak bisa meminta surat rekomendasi dari fakultas, karena jika demikian artinya kamu juga tetap tidak bisa mengajukan mengingat kamu berasal dari program paralel. Jadi, kamu harus mencari beasiswa yang persyaratannya tidak membutuhkan surat keterangan atau rekomendasi dari fakultas. Coba kamu ikut juga milis-milis beasiswa.

Namun, ada banyak juga program beasiswa yang ngga harus menyertakan surat rekomendasi dari fakultas atau universitas. Dan itu bukan satu-satunya tanda bahwa mahasiswa bersangkutan memenuhi kualifikasi dari fakultas. Tidak selalu seperti itu. Seperti beasiswa dari PPI yang saya sempat cantumkan di komentar sebelumnya, persyaratannya antara lain:
- Foto terlampir (scan)
- Kartu mahasiswa (scan)
- Curriculum Vitae
- Indeks Prestasi Kumulatif dari semester 1 (scan)
- Surat motivasi 1 lembar
- Surat pernyataan kurang mampu dari Pemerintah Setempat (scan)
- Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku (scan)
- Kartu Keluarga (scan)

Nah, untuk beasiswa yang ditawarkan dari UI misalnya seperti beasiswa dari Yayasan Turki UICCI. Nah, yang seperti itu tidak bisa diajukan, tapi kalau kamu cari sendiri, katakan misalnya dari kedutaan besar, itu bisa saja. Syaratnya pun tidak harus selalu karena kendala finansial, tapi jika kamu nanti berprestasi, itu pun bisa jadi nilai untuk mendapatkan beasiswa. Untuk informasi yang lebih jelas, kamu bisa tanya-tanya ke Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) BEM fakultas kamu.

Sementara itu, untuk masalah "status" atau "perlakuan" TIDAK ADA PERBEDAAN PERLAKUAN atau STATUS antara mahasiswa program S1 Reguler dan S1 Paralel. Ingat teman-teman, kita SATU anak UI, jadi mau dari jurusan apa pun, program apa pun, kita SATU UI, dan itu yang terpenting. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program S1 Paralel, kamu juga bisa berkunjung ke website UI.

Salam,

Fauzan Al-Rasyid

Head of Communication Office BEM FISIP UI 2011
Mobile +62 858 8551 2023 Twitter: @fauzanalrasyid
E-mail: fauzan.al@ui.ac.id, fauzan.alrasyid@gmail.com
Tumblr: http://fauzanalrasyid.tumblr.com

1 komentar :

info menarik dan membantu.terimakasih :D

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.