02 Mei 2012

"Cannot" atau "Can Not"?

Adakah perbedaan antara cannot dan can not? Dalam ilmu komunikasi dikenal sebuah kutipan yang sangat lazim dari Paul Watzlawick, yaitu "We cannot not communicate". Artinya. kita tidak bisa (tidak mungkin) tidak berkomunikasi. Suatu hari saya pernah bertanya-tanya (pada diri saya), apakah mungkin kutipan tersebut ditulis: we can not not communicate? Karena do dan not ditulis terpisah menjadi do not, begitu juga will dan not menjadi will not, bukannya "willnot".

Ternyata, setelah saya coba cari dari berbagai referensi, baik kata can not maupun cannot dapat diterima. Merriam-Webster menuliskan kata cannot dalam satu kata. Namun, jika Anda mencoba mencari kata "can not" dalam kamus online, Anda akan langsung diarahkan ke kata cannot.

Menurut OED, cannot adalah:

the ordinary modern way of writing can not
Ilustrasi sejarah yang dijelaskan dalam OED juga menunjukkan bahwa cannot, can not, atau bahkan canot adalah kepanjangan dari can't.
?a1400 Cursor M. (add. to Cott.) p. 959. 105 And ou at he deed fore cannot sorus be. 1451 Paston Lett. 140 I. 186 Other tydyngs as yett can I non tell you. Ibid. 172 I. 229 Whethir it be thus or non I can not say. 15.. Plumpton Corr. 72, I canot get my money. 1706 Col. Records Penn. II. 256 The House cant agree to this. 1741 RICHARDSON Pamela I. 56 If he..as you say can’t help it. 1742 YOUNG Nt. Th. I. 89 An angel’s arm can’t snatch me from the grave; Legions of angels can’t confine me there. 1827 KEBLE Chr. Y. 4 Without Thee I cannot live. Mod. Can’t you go?
Namun, seorang ahli dari AskOxford tampaknya lebih memilih cannot. Sebenarnya baik cannot maupun can not, secara ejaan, keduanya dapat diterima, tapi cannot jauh lebih lazim digunakan. Kita bisa menggunakan can not ketika kata "not" merupakan bagian dari konstruksi lain, seperti "not only".

Di situs The Washington State University Language dikatakan:
These two spellings [cannot/can not] are largely interchangeable, but by far the most common is “cannot” and you should probably use it except when you want to be emphatic: “No, you can not wash the dog in the Maytag.”
Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa penggunaan can not bisa digunakan untuk membuat sebuah penekanan, seperti misalnya pada saat berargumen: “You can not be serious!” dan “You cannot be serious!”. Penggunaan can not dianggap lebih menekankan maksud si pembicara; terkesan lebih kuat.

Ada pula yang menganggap bahwa baik cannot maupun can not bukanlah sekedar masalah penekanan. Beberapa orang, khususnya dalam bidang-bidang tertentu seperti filsafat, menggunakan kedua kata tersebut untuk menggabarkan keadaan yang berbeda, seperti:
  •  I cannot eat means I am not able to eat
  •  I can not eat means I am able not to eat 
Namun, pada dasarnya keduanya sama dan tidak salah. Saya pribadi menganggapnya apakah kita menggunakan baik cannot maupun can not secara tepat sehingga tidak membuat makna yang ambigu.

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.