02 Mei 2012

Disable Copy-Paste di Blog? Bisa!

Copy dan paste. Tampaknya dua kata ini sudah menjadi dua kata pamungkas bagi banyak pelajar di negeri ini. Mulai dari pelajar formal (SD, SMP, SMA, S1, S2, bahkan S3 juga ada) sampai pelajar nonformal, let's say, blogger baru atau sekedar "iseng-iseng" membuat tulisan yang kira-kira banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Mungkin agak menjengkelkan ketika Anda melihat tulisan Anda tiba-tiba ada di blog orang lain, sama persis, dan yang agak menyakitkan sebenarnya adalah karena si blogger itu sama sekali tidak mencantumkan referensi atau link tempat ia menemukan artikel tersebut. Atau ya... who knows, mungkin seseorang bisa saja sudah memasukkan isi blog Anda pada tugas-tugas sekolah/kuliahnya. Well, saya pun pernah mengalami hal ini. Suatu hari saya iseng-iseng memasukkan tujuh kata berturut-turut dari sebuah artikel (yang kebetulan cukup banyak dikunjungi) di Google. Hasilnya? Cukup mengejutkan karena saya menemukan artikel saya di beberapa blog lain. Saya coba buka dan hasilnya sama persis. Dan, ya... mereka tidak mencantumkan referensinya.

Jadi, sejak saat itu, saya berusaha untuk memproteksi blog saya. Tidak bermaksud jahat tentunya, karena toh pembaca masih tetap bisa membaca. Hanya saja, saya "melindungi" tulisan-tulisan blog saya dengan mengubah beberapa kode HTML-nya. Apalagi kebanyakan tulisan saya, khususnya dengan tag "assignment" adalah kumpulan tugas-tugas saya selama saya berkuliah. Tentunya, sangat tidak mudah membuat tugas-tugas itu, jadi saya harap orang-orang bisa sedikit menghargai dengan tidak meng-copy-paste isinya dan mengklaimnya sebagai karyanya.

Oke, kembali ke topik. Jadi ada satu lagkah ampuh untuk melindungi isi blog Anda dari tindakan copy-paste. Saya dapat langkah ini dari sebuah blog (bisa di lihat di sini) dan saya pun mempraktikkannya pada blog saya ini. Sebenarnya ada beberapa cara, tapi cara yang akan saya berikan di sini adalah cara yang sangat simple dan sekaligus ampuh karena hanya dengan satu kode ini bisa langsung menonaktifkan beberapa perintah, yaitu:

  1. disable klik kanan (onmousedown);
  2. disable seleksi teks (oncontextmenu);
  3. disable Ctrl+C atau Ctrl+V (onkeydown).
Oh ya, saya tidak bilang bahwa cara ini 100% aman dari peng-copy-paste-an. Saya bisa bilang bahwa cara ini cukup ampuh. Beberapa orang masih bisa meng-copy konten tulisan ini. Tapi coba, berapa banyak orang yang suka copy-paste mengerti betul beberapa trik HTML atau CSS? Saya bicara dalam konteks orang Indonesia. Tingkat "melek internet" orang Indonesia belum begitu besar. Jadi, kalau pun ada yang bisa meng-copy konten tulisan ini saya yakin jumlahnya hanya nol koma sekian persen dari total populasi masyarakat yang melek internet.

Caranya sangat mudah, dan Anda bisa langsung menerapkannya pada blog Anda. Di bawah ini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya yang saya terapkan pada Blogspot. Namun, bukan berarti trik ini tidak berlaku pada platform blog lain, seperti WordPress.com misalnya, karena yang harus dilakukan adalah mengubah sedikit kode HTML pada blog Anda. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • login ke akun Blogspot Anda;
  • masuk ke rancangan/design (pada tampilan Blogspot lama) atau langsung masuk ke Template (pada tampilan Blogspot baru);
  • pilih Tata Letak dan kemudian pilih Edit HTML (pada tampilan Blogspot lama) atau langsung pilih Edit HTML (pada tampilan Blogspot baru);
  • cari kode berikut: <body> (gunakan Ctrl+F di keyboard untuk memudahkan pencarian);
  • gantilah kode dengan kode dibawah ini:
    <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>


  • setelah itu, simpan kode HTML yang telah Anda ubah.
Nah, sekarang coba Anda buka blog Anda maka niscaya segala tulisan di blog Anda tidak bisa diseleksi. Dengan demikian blog Anda pun akan aman dari per-copy-paste-an. Jika Anda ingin mengembalikan pengaturan blog Anda ke seperti semula, Anda tinggal mengganti saja kode "false" menjadi "true" pada script "return false. Ingat, ada tiga macam script, yaitu "onmousedown", "oncontextmenu", dan "onkeydown".

Atau, jika tidak mau repot, bisa saja tinggal mengembalikan kode <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'> menjadi <body> kembali. Oke, sekian; semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Oh ya, terima kasih pada Kode Blogger atas pengetahuan yang sangat beharga ini.

   Add Friend

7 komentar :

Kalo Tumblr kan emang semacam perpaduan blog dan Twitter gitu Nob, jadi kalo lo buat Tumblr artinya secara ngga langsung lo memperbolehkan orang lain "mengklaim" segala posting-an lo sebagai sesuatu yang free untuk "dicomot" orang lain, karena emang bisa di-reblog gitu kan... Cuma kalo di Tumblr kan walau kira me-reblog tetap secara otomatis akan dicantumkan source post yang di-reblog itu.

Hahaha, iya, sama-sama "Om Anonim", selamat mencoba! :-)

Terima Kasih Gan, Articlenya mantap punya. Sudah saya praktekkan dan Mantap. Top Bgt dah

Wah, luar biasa! Hehehe, iya, sama-sama ya gan! :)

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.