02 Mei 2012

Menulis Kode HTML dalam Artikel

Sebelum post ini saya untuk pertama kalinya membuat artikel yang di dalamnya terdapat HTML script. Dan sangat mengejutkan karena ternyata HTML script itu tidak bisa dimasukkan atau lebih tepatnya tidak mau muncul ketika artikel dipublikasikan. Jadi, kode-kode yang ditulis tersebut muncul sebagai sebuah kode yang sudah diterjemahkan dalam bentuk HTML sehingga kodenya tidak terlihat dalam artikel tersebut. Well, saya yakin hal ini banyak dialami oleh para blogger yang baru mencoba membuat artikel-artikel yang memuat kode HTML di dalamnya.

Jadi, seperti pada artikel sebelum ini saya ingin menuliskan kode: <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'> maka saya tidak bisa menulisnya begitu saja. Pada editor teks blog Anda, Anda harus menuliskannya dengan: &lt;body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'&gt;. Jadi, kode-kode HTML, seperti tanda (< ... >), (" ... "), dan (&) langsung di-encode atau diterjemahkan ke kode lainnya yang dimengerti teks editor. Kode-kode HTML yang harus diganti adalah:

Karakter
Notasi
Keterangan
&lt;
kurung runcing terbuka
&gt;
kurung runcing tertutup
&
&amp;
tanda dan
"
&quot;
tanda kutip ganda
±
&plusmn;
tanda plus minus
spasi
&nbsp;
tanda spasi
©
&copy;
tanda hak cipta (Copyright)
®
&reg;
Tanda terdaftar (Registered)

Nah, masalahnya, dan saya sangat yakin, tidak akan ada yang mau repot-repot mengubah satu per satu kode-kode HTML yang ingin dimasukkan ke teks editor dengan notasi-notasi yang bisa dibaca teks editor. Bahkan menggunakan "Replace" dari menu "Edit" pada aplikasi-aplikasi pengolah kata bukanlah jalan yang sederhana. Dan risiko kesalahan atau let's say kelalaian itu pasti ada.

Beruntunglah bahwa kemajuan teknologi saat ini sangat memudahkan berbagai pekerjaan kita. Anda tidak perlu meng-encode kode-kode tersebut secara manual. Anda bisa memanfaatkan situs-situs yang menyediakan tools untuk meng-encode kode HTML. Ada beberapa situs yang menyediakan jasa ini, hanya saja yang kebetulan saya kunjungi pada saat meng-encode kode-kode HTML itu berasal dari: http://centricle.com/tools/html-entities/. Anda tinggal menuliskan atau meng-copy-paste (istilah zaman sekarang) kode-kode yang ingin anda masukan dalam artikel, kemudian masukan ke dalam box yang disediakan dan klik tombol "Encode". Selanjutnya Anda tinggal meng-copy kode dalam box tadi dan paste ke dalam tulisaan Anda; voilà, jadilah sudah!

Situs Centricle.com juga tidak hanya bisa meng-encode sampai situ saja, Anda bisa meng-encode hingga berkali-kali. Sebagai contoh, ketika saya ingin menuliskan <body> maka saya harus mengetikkan &lt;body&gt;. Kemudian, ketika saya ingin menuliskan &amp;lt;body&amp;gt; saya harus meng-encode-nya lagi, dan begitu seterusnya. Semua ini bisa dilakukan hanya dengan mengklik tombol "Encode". Sementara itu, jika kita ingin men-decode, kita bisa langsung klik tombol "Decode", dan voilà, jadilah sudah!

Sangat mudah bukan? Oke, sekian, dan terima kasih untuk Andisusilo's blog untuk ilmu yang sangat bermanfaat ini.

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.