11 Juni 2012

Tips & Trik, Sistem Penilaian SNMPTN, Penasaran?

Salah satu kunci menjalani kuliah dengan penuh semangat adalah memilih jurusan sesuai dengan minat yang kalian miliki. Bagi kalian para calon mahasiswa kebanggaan Indonesia yang tertarik di bidang ilmu sosial dan politik, tetapi masih bingung menentukan jurusan untuk kuliah nanti, inilah saatnya untuk bergabung dengan FISIP Summit 2012!

Ada apa saja di FISIP Summit? Salah satunya akan ada pembahasan mengenai tips dan trik SNMPTN. Pastinya pada penasaran dong sebenarnya SNMPTN itu 'makhluk' apa dan bagaimana untuk mengatasinya? Nah, begini temen-temen, sejak  awal tahun 2009, diberlakukan sistem penilaian baru dalam menyeleksi peserta SNMPTN, yaitu berupa sistem persentil. Pada aplikasinya, sistem penilaian ini sangat berbeda dari sistem penilaian pada SNMPTN tahun-tahun sebelumnya yang mengakumulasikan jumlah nilai dari mata pelajaran yang diujikan secara total atau biasa disebut dengan nilai mentah (raw score). Kini dalam SNMPTN diberlakukan sistem yang memberikan nilai per mata pelajaran yang diujikan secara terpisah.

Nah, dari penilaian secara terpisah tersebut nantinya akan diberikan peringkat dan peserta yang peringkat rata-ratanya besar di semua mata pelajaran yang diujikan berpeluang besar lolos, sedangkan dalam penilaian sebelum tahun 2009 peserta yang hanya mahir dalam salah satu mata pelajaran masih memiliki kemungkinan lolos tes masuk. Misalnya, saya sangat tidak mahir soal Matematika (ini fakta), tapi saya masih bisa "mem-back up" kekurangan saya ini dengan pelajaran lain yang cukup saya kuasai, seperti Bahasa Inggris, Sejarah, dan Ekonomi. Atau, si X misalnya, segitu hopeless-nya dengan Fisika, sehingga hampir tidak mengerjakan pelajaran Fisika sama sekali, tapi ternyata dia diterima di jurusan Teknik Industri UI; itu bisa terjadi.

Namun, sekarang kondisinya sudah berubah. Untuk bisa lolos tes masuk, peserta harus bisa mengerjakan semua mata pelajaran yang diujikan karena semua hasil tes akan diperiksa dan dinilai secara terpisah. Tujuan dari pemberlakukan sistem persentil adalah untuk menjaring para peserta SNMPTN yang memiliki kemampuan lebih komprehensif. Sebelumnya, banyak kasus peserta yang lolos dan diterima oleh satu jurusan di PTN justru tidak memiliki kemampuan yang mahir sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Nah, terus apa yang bisa dilakukan atau langkah apa saja yang bisa kamu lakukan supaya enggak "salah langkah" dalam ujian SNMPTN? Pastinya kamu punya banyak pertanyaan kan soal SNMPTN dan soal penilaiannya? Di FISIP Summit, kamu akan dapat semua jawabannya termasuk "mitos-mitos" tentang passing grade suatu jurusan dan cara-cara mengerjakan soal SNMPTN. Tunggu apa lagi, ayo ikut FISIP Summit!

Kapan?
Sabtu, 30 Juni 2012

Di mana?
FISIP UI, Depok

Harga tiket?
- Reguler Rp 30.000,-
- Dengan UI Bike on Tour Rp 35.000,- (terbatas untuk 50 peserta)

Untuk melakukan registrasi, kalian cukup SMS dengan format seperti ini:

Nama<spasi>Asal Sekolah<spasi>Pilihan Jurusan 1, 2, 3<spasi>Ya UI BIKE/Tidak UI BIKE

Kelas atau jurusan yang bisa kalian pilih, antara lain:
- Ilmu Komunikasi
- Ilmu Politik
- Sosiologi
- Ilmu Administrasi
- Antropologi
- Kriminologi
- Hubungan Internasional
- Kesejahteraan Sosial

Kirim ke: 0878 8589 5320


Untuk informasi registrasi lebih lanjut, kamu bisa klik di sini. Oh ya, acara ini hanya terbatas untuk 500 orang peserta saja loh! Jadi, jangan sampai kamu kehabisan kuota ya! Dan kalau kamu sekarang masih kelas XI dan berpikir "belum saatnya" untuk ikut acara ini, jangan lupa, bulan Juli ini kamu akan jadi siswa kelas XII, dan waktu di kelas XII terlalu singkat untuk memikirkan soal masa depan yang harusnya bisa mulai kamu pikirkan sejak sekarang. Kamu yang akan segera jadi anak kelas XI pun enggak menutup kemungkinan untuk ikutan loh! Oke, jadi, ayo ikut FISIP Summit!

Info:
-----
Follow: @FISIPSummit2012
Ask: fisipsummitui.weebly.com

   Add Friend

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.