13 Desember 2014

Dua Jam Seru Bersama Hila Zachira: Dari Media Sosial Hingga Gaya Hidup Remaja

Bulan Oktober lalu saya untuk pertama kalinya menulis mengenai fenomena Ask.fm yang sedang booming di kalangan remaja Indonesia saat ini. Ternyata, dengan situs media sosial ini, seseorang dapat menjadi terkenal, atau menjadi seperti selebritas, tanpa harus terlebih dulu masuk layar kaca.

Memang, kini kita mengenal selebritas dunia maya. Selebritas dunia maya ini mulai eksis saat "gerakan" unjuk kreativitas di Twitter dan YouTube menjadi sangat popular. Ketika akhirnya Instagram muncul dan juga bisa "dikonsumsi" oleh pengguna Android sejak awal tahun 2012 lalu, kita pun mengenal banyak "selebritas Instagram". Ini adalah orang-orang yang, let's say, memublikasikan foto-foto "badai" di akunnya. Mulai dari foto-foto diri nan bombastis hingga foto-foto traveling nan elok yang (pastinya) membuat para orang-orang ini mempunya basis fans tersendiri.

Kini, tren penggunaan dan exposure media sosial sedang berkembang sangat masif di Ask.fm, khususnya di kalangan remaja lokal. Saya melihat bahwa melalui media sosial ini, seseorang juga bisa mendapatkan "status" artis atau selebritas dengan modal yang jauh lebih sederhana dibandingkan media-media sosial sebelumnya, yakni dengan menjawab pertanyaan. Walaupun memang, jawaban yang dimaksud tentu bukan sembarang jawaban. Jawaban ini harus memenuhi unsur entertain atau menghibur.

Saya memang termasuk "pendatang" baru di dunia per-Ask.fm-an, tapi dalam usia yang termasuk muda di media sosial yang satu ini, saya memperhatikan banyak fenomena menarik dari para pengguna Ask.fm. Berbagai pengamatan saya ini mengundang rasa kepo yang sangat besar hingga saya memutuskan untuk bertemu dan bertanya langsung dengan para "aktivis" Ask.fm mengenai peran mereka sebagai "artis Ask.fm". Saya senang ternyata rasa keingintahuan saya ini pun disambut positif oleh beberapa orang "artis Ask.fm" yang berhasil saya hubungi.

Dalam sebulan ke depan, saya akan melakukan banyak wawancara bersama orang-orang yang sudah saya "kepoin" sebelumnya mengenai pandangan mereka terkait media sosial, Ask.fm, remaja, gaya hidup, hingga hal-hal yang pastinya seru untuk diketahui secara langsung dari mereka. Jadi, silakan menunggu, siapa tahu "artis favorit" kamu di Ask.fm saya ulas di sini. Anyway, kalau kamu punya ide tentang siapa yang harus saya wawancara, silakan tuliskan di boks komentar di bawah.

Dua Jam "Buka-bukaan" Bersama Hila Zachira

Kamis (11/12) kemarin, saya berkesempatan bertemu sekaligus ngobrol panjang lebar dengan seorang perempuan yang bisa saya katakan cukup terkenal di Ask.fm. Namanya adalah Hila Zachira. Bagi kamu yang penggemar berat Ask.fm, mungkin nama Hila tidak lagi asing buat kamu, atau bahkan jawaban-jawaban Hila juga sering muncul di feed Ask.fm. Memang, bagi Hila sendiri, dia tidak menganggap dirinya "seterkenal" itu di media sosial yang tampaknya cukup wajib dimiliki oleh remaja Indonesia saat ini. Namun, saya sempat melakukan "riset" kecil-kecilan dan saya pun memutuskan untuk memasukkan Hila ke dalam daftar nama orang-orang popular di Ask.fm.

Perbicangan saya bersama Hila berlangsung selama hampir dua jam. Semua hal yang berkaitan dengan media sosial, kehidupan Hila, dan pandangannya mengenai remaja saat ini kami bahas denganmenurut sayasangat seru. Oleh karena itu, saya anggap ini sebagai "buka-bukaan" karena pastinya ada banyak hal yang saya dapatkandan kamu juga bisa dapatkandari wawancara yang pastinya hampir tidak mungkin kamu dapat sedetil ini bahkan jika bertanya di Ask.fm sekalipun.

Foto kiriman @hilazach_ pada


Bagi kamu yang mungkin merupakan penggemarnya Hila, saya pikir, seluruh wawancara ini mengulas dan menjawab banyak hal mengenai pribadi Hila.

Wawancara saya bersama Hila cukup panjang. Oleh karena itu saya membagi wawancara ini ke dalam beberapa topik utama. Kamu tinggal klik topik dari gambar-gambar di bawah ini untuk membaca lebih lanjut mengenai wawancara saya bersama Hila . Kamu bisa mulai dari topik mengenai media sosial atau kamu juga bisa bebas memilih topik mana yang ingin kamu baca terlebih dahulu.

Pilih Topik





Anyway, terima kasih banyak saya ucapkan pada Hila untuk sesi ngobrol-ngobrol yang sangat menyenangkan. Semoga bisa bertemu kembali di lain kesempatan. 




6 komentar :

interview citra aulia marwab dong kak, mantan pacar al ghazali tuhhh hehe :)

Hai Ayu! Yaaa... hahaha, ada beberapa yang juga saranin itu ya, nanti coba ditampung dulu sarannya, thank you! :)

Belleza Elishama juga dong ka, anaknya Om Ruben Elishama:)

Rachel Vennya Roland dong kak, menginspirasi banget yang mulai hidupnya dai 0 smpe hedon kaya sekarang

Halo Yola, iya, sempet hubungin Rachel kok, dan udah dapet LINE-nya juga, tapi emang gue kebetulan akhir-akhir ini lagi lumayan sibuk, jadi... belum sempet ya, hehehe, tapi nanti mudah-mudahan jadi, hehehe :)

Lo ga berniat ngewawancara gw jan? *hahahahahaha*

Posting Komentar

Silakan tulis opini atau komentarmu.